Karya Seni Asli dari Cover Album Pertama Led Zeppelin Siap Dilelang

Selasa, 12 Mei 2020 - 15:00 WIB
loading...
Karya Seni Asli dari Cover Album Pertama Led Zeppelin Siap Dilelang
Karya seni asli untuk sampul album debut self-titled Led Zeppelin 1969 akan dilelang bulan depan, Juni 2020. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Karya seni asli untuk sampul album debut self-titled Led Zeppelin 1969 akan dilelang bulan depan, Juni 2020. Lelang dijadwalkan akan berlangsung dari 2 hingga 18 Juni 2020.

Sampul album itu dirancang oleh George Hardie berdasarkan pada foto 1937 yang terkenal oleh fotografer Sam Shere tentang bencana Hindenburg, di mana sampul menggambarkan Zeppelin yang meletus menjadi api.

Dilansir Aceshowbiz, karya itu diperkirakan berharga antara USD20.000 dan USD 30.000. "Dalam hal kelangkaan, ini adalah objek yang unik - saya rasa Anda tidak bisa menjadi lebih jarang dari itu," kata Spesialis senior departemen Buku dan Naskah di rumah lelang Christie, Peter Klarnet kepada Rolling Stone.

Hardie merancang karya itu ketika dia masih mahasiswa pascasarjana di Royal College of Art, London setelah temannya, fotografer Stephen Goldblatt, merekomendasikannya kepada para rocker.

Band cadas ini dkabarkan membayar Hardie hanya USD75 untuk karyanya dan dia kemudian merancang sampul album untuk band termasuk Pink Floyd, Black Sabbath, dan Wings. (Baca juga: Penghargaan Oscar 2021 Ditunda akibat Covid-19 ).

"Signifikansi historis sampul album ini tidak dapat dikecilkan. Itu menandai titik balik utama dalam sejarah musik pop, yang digembar-gemborkan oleh debut Led Zeppelin. Itu lebih keras, lebih berani daripada apa yang telah terjadi sebelumnya dan akan menentukan bentuk hard rock selama beberapa generasi," jelas Klarnet.

"Render sederhana Hindenburg yang meledak di atas Lakehurst ini berdiri sebagai monumen untuk momen bersejarah yang penting itu. Dan gambar itu telah bertahan sedemikian rupa sehingga sebagian besar sampul album lainnya tidak sangat banyak mengambil nyawanya sendiri," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)